Senin, 21 November 2011

KUNCI TRADING


"Kek, ajarin saya kunci trading dong!"

"Buka internet dan belajar padanya!"

"Jangan gitu thow Kek, ntar kakek tambah peyot lho...!"

"Jika saya ajarkan pun kau tak akan melaksanakannya...!"

"Pasti akan saya kerjakan Kek...!"

"Berat..berat..berat!"

"Opo thow?"

"Kunci trading hanyalah Money Management..pengelolaan uang! Pengelolaan uang itu seperti sex: Semua orang melakukannya, salah satu cara atau lainnya, tetapi tidak banyak suka bicara tentang hal ini dan beberapa melakukannya lebih baik daripada yang lain. Tapi ada perbedaan besar:. Situs sex di Web berkembang biak, sementara situs yang ditujukan untuk seni dan ilmu manajemen uang agak sulit untuk menemukannya. Begitu kata Gibbons Burke.

Membahas sex akan cenderung mempraktekkannya tetapi membahas money management, cenderung untuk mengabaikannya, kata Ninjaa Trader."

"Piye Kek..!"

"Ya itu tadi, gunakan MM kamu ketika kamu trading."

"Lha untuk MM yang bagus sendiri gimana Kek, agar MM tersebut bisa meproteck akun seberapa besar dan aman?"

"Sebenarnya di sarankan untuk MM itu minimal mampu menahan floating hingga MC yaitu 1000 pips.. atau Anda bisa ambil cara lain, misal ketahanan 1:500 tetapi siap cut loss atau pasang SL. Karena itu harus diplanningkan berapa pips yang mau didapatkan sebagai target harian dan berapa pips yang mau diresikokan sebagai batas loss harian. Jadi waktu kita melakukan cut loss atau membatasi dengan SL, itu tidaklah menghabiskan modal yang melebihi dari yang kita toleransi yang bisa membuat sangat down dan kecewa.

Pemula biasanya belum memahami MM dengan baik, maka kemungkinan dalam tradingpun dikhawatirkan akan memberikan pengalaman yang buruk.

Ingat ya Ndul..MM bisa meminimalkan resiko kena MC atau loss gede. Biasanya dalam meminimalkan resiko itu dipake SL dan TP buat pembates ama perhitungan margin level yang aman dan juga penggunaan pake trailing stop loss buat ngamanin profit. Itu semua bagian dari MM yang baik buat minimalkan resiko kena loss."

"Jadi, salah satu penggunaan MM yang baik adalah dengan selalu menggunakan TP dan SL, Kek. Atau penggunaan MM ini agar loss yang terjadi tidak semakin besar. gitu Kek..?"

"Ya yang pasti kita harus selalu pantau penggunaan MM kita. Kadang dicampuri macem-macem hal, jadi gak pake MM dengan bijak pada akhirnya. Akhirnya loss juga."

"Apa itu Kek..?"

"Beban si trader itu sendiri... Kalau dia modalnya kecil, cenderung menyepelekan... karena hasil seperti gak ada gunanya kalau pake MM yang bener. Coba aja misal modal 10 $... ma pake MM ketahanan 1:1000 .. lha bagaimana perasaan dia ketika profit? Nangis kan? Tidak sebanding dengan capeknya menganalisa, menunggu, biaya koneksi dll. Akhirnya, yaaa gak MM - MM an..... Kemudian, beban tanggungan hutang si trader jga mempengaruhi... ada lagi, beban dikejar-kejar setoran..., kebutuhan... dll, sementara semua itu sangat mendukung untuk tidak taat pada MM yang bijak.

Modal besar... haalaah apalagi... pun sulit mau menggunakan MM dengan baik. Modal besar kan harus dapat besar... ini mindset trader bermodal besar... kecuali trader modal besar yang telah tobat, modal besar tapi target kecil (1% s/d 2% per hari) hahahahaaa...

"Lha untuk cucumu gimana, Kek!"

"Lha, bapakmu dah ngasih modal belum untuk kamu trade-kan?"

"Belum Kek!"

"Lha terus...?"

"Modal bonusan, Kek!"

"Hohohohohooo..... Yo wes.. gak popo lah. Untuk belajar. Yang penting, money management harus bagus a ndul... kalau tidak yakin pasang lots kecil dahulu dan lihat keadaan pasar jangan sembarangan open trading.

Yang jelas, MM itu termasuk pengendalian profit dan loss yang didapat serta termasuk juga rencana bagaimana pengembangannya supaya profit bisa maksimal nantinya..."

"Saya sudah berkali-kali trading dengan bonusan, Kek... habis juga. Mengapa ya Kek?"

"Kelemahan para newbi itu kan,gak mau mengatur MM dengan baik, jadinya balance kita gampang kebobolnya, namun gak mudah juga untuk menerapkan hal tersebut. Butuh waktu untuk menyadarinya, lebih-lebih untuk mempraktekkannya. Apakah harus habis jutaan rupiah, baru sadar tentang hal ini? Kan lebih baik perhatikan omongan kakekmu ini..."

"Iya Kek... memang bener kakekku yang ganteng ini... klo mau hunting system yang bagus tak akan ada habisnya, hampir semua system yang di share di forum2 internet bagus bagus, tapi belum tentu bisa berhasil bila kita jalankan, karena masih ada faktor psikologi dan MM yang pengaruhnya paling besar, ya Kek...benarkah?"

"Mboohlah...!"

"Koq gitu, Kek...? Ngambeek....!"

"Sudah saya bilangin... Kamu sudah tahu MM itu penting.. psikologi trading itu penting... Kamu tahu... sebaik sistem apapun kala MM nya buruk pun kita loss. kenyataannya...? Kenyataannya...? Berapa kali kamu dpt bonusan untuk trading dan loss melulu??? Jawabanku pun jika berbaris-baris panjangnya... bisa diukur sama mulutmu... tetep aja akan menjadi koleksimu... Trader pada hebat mengkoleksi ilmu, tapi gak mau praktek... !"

"Ampuun Kek.... ampuuun....! Kabuuuuurrrrr....!"

"Ckckkckkckck...!" kakek geleng2 kepala... sambil terus.. pwuuussss pwussss klepushhh... nyedot udud tinggal sak batang (ngenteni ono sing kirim sak slop...) wkkwkwkwkwkkwkwkwkw......

Sebenarnya juga lagi mikir kunci mobile mau di dokokno ngendiiiiiii? Pingin kloyong... kondangan... lg musim nih...

Bye...

1 komentar:

  1. Kunci trading yang benar dan seharusnya diterapkan oleh trader adalah disiplin dan fokus terhadap trading yang kita lakukan sehingga kita bisa memperoleh profit sesuai target dan sekarang saya nyaman melakukan trading di broker octafx dengan terlebih dahulu mencoba kontes akun demo cTrader weeekly di broker ini

    BalasHapus