Minggu, 21 November 2010

INTROSPEKSI SEORANG TRADER

Saya ini hidup di desa, dan sebagai seorang trader forex tentu terasa asing bagi lingkungan, tetapi tidak apa-apa... Yah, mereka hanya tidak pernah tahu bagaimana kehidupan saya sekarang ini. Mereka pun tidak tahu apa yang ada di otak saya tentang pola sebuah bisnis di jaman modern ini. Bahkan keluarga saya. Tidak ada seorang pun dari keluarga saya yang pernah menikmati pemikiran saya tentng bisnis. Kebetulan saya bukan dari keluarga pebisnis. Mereka adalah pendidik, keturunan pendidik....dan menyukai menjadi pendidik. Namun hidup adalah pilihan.... Lingkungan saya pun kebanyakan para petani dan buruh, hanya sebagian saja yang pebisnis, itupun sudah sangat sibuk dengan urusan bisnis mereka.
Begitu banyak kawan dari jauh datang pada saya, menginginginkan bertemu saya sekedar ingin mendengarkan pemikiran saya tentang bisnis forex ini. Atau, dari berbagai daerah, mereka menunggu postingan saya dalam hubungannya dengan trading forex ini. Saya yakin, lingkungan kita tidak berbeda jauh dengan kondisi saya disini.

Sayatidak bisa meyakinkan semua orang....
Saya tidak bisa memenuhi keinginan semua orang...
saya tidak bisa membahagiakan semua orang....

Maka sayalah pangeran Trading dari Kegelapan!

Saya selalu berbagi, kadang free.. kadang saya komersil, kadang baik hati, pun kadang menyebalkan wkwkwkwkw...! Tetapi saya ingin berbagi rasa dengan Anda, bahwa didalam lubuk hati terdalam saya, saya ingin kita bersama-sama sukses di forex. Amiin.

Biar lingkungan tidak memandang sebelah mata dengan profesi kita, biar kita minimal "agak" diakui keberadaan sebagai para trader hehehehe. Biar kehidupan perekonomian keluarga lebih baik. Biar permasalahan keuangan (bagi yang punya) cepat selesai.

Mari kita renungkan dan introspeksi diri :
  1. Kita loss trading itu, kadang bukan karena faktor kita tidak bisa trading dan bukan tidak bisa menganalisa, tetapi karena ada "something wrong" dalam diri kita. Temukan something wrong itu, baru di cari solusinya.
  2. Dalam trading itu kita tidak boleh membabi buta atau melakukan langkah konyol tanpa berpikir bijak.
  3. Kesuksesan trader itu ditentukan oleh kemampuannya dalam teknikal analisis dan fundamental. Maka perlu lebih serius untuk mempelajarinya.
  4. Kalau ingin memulai terjun di bisnis ini, sementara belum memiliki kompetensi cara terbaik adalah belajar dengan orang yang sudah pengalaman di bidang ini. Salah satu cara agar lebih cepat maju adalah dengan mempelajari langkah-langkah dan strategi-strategi yang dilakukan para pemain yang lebih dulu sukses.
  5. Salah satu elemen terpenting kalau ingin Anda sukses adalah perlunya melakukan fungsi kontrol dan pengarahan yang kuat.
  6. Dalam bisnis forex, knowledge dan informasi merupakan modal yang sangat berharga. Ingat baik-baik...
  7. Sering-seringlah berkumpul dengan para trader lainnya, seringkali "kumpul-kumpul" pencerahan baru bisa muncul tiba-tiba dalam suasana itu. 
  8. Jangan pernah lelah mencoba dan mencoba sampai Anda menemukan impian "berhasil".
  9. Menjadi seorang trader banyak risikonya dan tidak selamanya mudah. Jadi, seorang trader harus berani menelan kepahitan dan tetap tekun. Harus disadari bahwa hasil itu dari Tuhan, kita yang mengusahakannya. Kita juga tidak bisa menyalahkanorang lain begitu kita gagal.
  10. Untuk menjadi trader sukses, sama seperti yang lainnya, kita tidak harus menjdi seorang yang supercerdas atau ber-IQ tinggi. Simaklah lingkungan Anda, banyak orang sukses yang "tidak pinter-pinter" amat. Dalam berbisnis apapun, IQ yang tinggi memang membantu, tapi kecerdasan emosional dan spiritual itulah yang dominan menggerakkan seorang untuk terus maju, bekerja cerdas, percaya diri, optimis dan terus berusaha.
Bener gak sih?  Kalau salah ya di remove saja... Yang jelas saya lagi introspeksi sendiri. Kalau bermanfaat bagi Anda, ya syukurlah! 

3 komentar:

  1. sebagai seorang trader memerlukan introspeksi yang kuat dan untuk bisa mengahsilkan keuntungan kita harus bisa melakukan trading dengan MM yang maksimal dimana sekarang saya mencoba untuk melakukan evaluasi setiap minggunya setelah sepekan melakukan trading di broker octafx dengan akun mikro

    BalasHapus
  2. evaluasi diri perlu sebagai manifestasi dalam pengakuan kesalahan, kekurangan sebagai manusia, karena trader juga manusia... hehe
    setiap kesalahan analisa pada akun di HiWayFx, diusahakan tertulis dalam jurnal harian, dan dievaluasi pada hari libur

    BalasHapus
  3. Ayo gan perbanyak evaluasi diri, terlebih jika rasio loss masih lebih banyak dari rasio profit itu sendiri. Jangan lakukan kesalahan yang sama dalam Currency trade ini agar kita bisa menjadi Successful forex trader

    BalasHapus