Sabtu, 11 September 2010

BELAJAR MANAJEMEN RISIKO

Saya bersyukur sekali jadi pengangguran, hehehe...(belum-belum sudah ketawa), kalau saya punya pekerjaan (selain forex) tentu saya tidak bisa total di forex seperti sekarang, dan pasti pun tidak bisa menyediakan menu-menu posting sebanyak ini di Cafe saya. Saya juga bersyukur, di gubuk saya terpasang fasilitas "hotspot", jadi selalu ada teman-teman yang menemani saya ONLINE. Disini seperti toko laptop, hihihihihi... Jelasnya, saya bersyukur karena saya bisa berbagi... Yang lebih bersyukur lagi, karena teman-teman selalu mengingatkan saya untuk memenej hidup. Sering ONLINE menyebabkan lupa waktu, malam untuk hidup dan siang untuk mati hehehe... "Awas! Kematian mendadak sering diakibatkan karena gagal dalam manajemen," kata mereka.

Maka kalau saya ada ide menulis judul BELAJAR MANAJEMEN RISIKO, saya jadi ingat teman-teman yang selalu mengingatkan saya itu. Oleh karena itu, bicara manajemen risiko Forex pun dapat membuat perbedaan antara hidup atau mati mendadak dengan forex trading. Anda dapat memiliki sistem perdagangan yang terbaik di dunia dan masih gagal tanpa manajemen risiko yang tepat. Belajar manajemen risiko merupakan kombinasi dari beberapa ide untuk mengendalikan risiko trading Anda. Hal ini dapat membatasi ukuran lot Anda, lindungi nilai, perdagangan hanya selama beberapa jam atau harian tertentu, atau mengetahui kapan harus mengambil kerugian.

Mengapa manajemen risiko forex penting?
Manajemen risiko adalah salah satu konsep yang paling kunci untuk hidup sebagai seorang trader forex. Ini adalah konsep yang mudah dipahami bagi para pedagang, tapi lebih sulit untuk benar-benar diterapkan. Saya juga sulit tidak tidur siang jika malamnya tidak tidur hehehehe... Nah, Broker telah banyak berbicara tentang manfaat menggunakan leverage.Hal ini menyebabkan para pedagang untuk datang ke platform trading dengan pola pikir bahwa mereka harus mengambil resiko besar dan bertujuan untuk dollar yang besar. Rasanya terlalu mudah bagi mereka yang telah melakukannya dengan demo account, tapi begitu dengan uang nyata dan emosi datang, segalanya berubah. Di sinilah belajar manajemen risiko yang benar adalah penting.

Mengendalikan kerugian
Salah satu bentuk manajemen risiko adalah mengendalikan kerugian Anda. Tahu kapan untuk memotong kerugian Anda pada perdagangan. Anda dapat menggunakan berhenti paksa atau berhenti mental. Istilah berhenti paksa adalah ketika Anda menetapkan stop loss Anda pada tingkat tertentu ketika Anda memulai usaha Anda. Sebuah berhenti mental adalah ketika Anda menetapkan batas untuk berapa banyak tekanan atau penarikan Anda akan mengambil untuk perdagangan. Mengetahui di mana menetapkan stop loss Anda adalah ilmu penting untuk dirinya sendiri, tetapi yang utama adalah harus dengan cara yang cukup cerdas membatasi risiko perdagangan dan masuk akal untuk Anda. Setelah stop loss Anda sudah diatur di kepala Anda, atau pada platform trading Anda. Jika Anda meninggalkannya atau tidak cerdas karena terlalu jauh stop loss Anda, maka sebenarnya sangat mudah untuk jatuh karena harga ternyata bergerak lebih jauh dan jauh. Jika Anda melakukan ini, Anda tidak memotong kerugian Anda efektif dan akan menghancurkan Anda pada akhirnya.

kok bisa? Ya bisa saja, kan sekarang sudah pakai MM yg ketat, hanya meresikokan 5% dari equity. Jadi kalaupun loss, harus loss 20x berturut-turut baru deh kena MC. Yang mana sangat kecil kita "terjerembab di lubang yang sama" sampai 20x.

Jadi menurut saya, trading forex ini lebih ke psikologi saja. Dengan mental kuat, disiplin tinggi, MM yang baik (ini semua masuk psikologi kan ya?) maka bolehlah kita berjaya di forex. Sayangnya utk mendapatkan itu semua tidak bisa dalam waktu semalam... ada yang butuh berminggu-minggu... ada yang berbulan-bulan... bahkan ada yg bertahun-tahun....

Prinsip saya satu: never ever give up!
Jangan pernah menyerah sebelum sampai ke tujuan...


Menggunakan leverage yang benar
Iklan Broker mempengaruhi Anda, Anda akan berpikir bahwa itu layak untuk membuka rekening dengan $ 300 dan menggunakan 200:1 leverage untuk membuka perdagangan mini lot sebesar $ 10.000 dolar dan ganda uang Anda dalam satu perdagangan. Tidak ada yang bisa lebih jauh dari kebenaran. Tidak ada rumus ajaib yang tepat ketika untuk mencari tahu berapa leverage yang akan Anda gunakan, (ini pun sulit kalau sekedar menerima saran orang lain), namun pada awalnya, leverage lebih kecil lebih baik. Setiap pedagang akan memiliki tingkat toleransi mereka sendiri untuk risiko. Tidak semua orang memiliki $ 5.000 untuk membuka rekening, namun penting untuk memahami risiko yang lebih besar dengan menggunakan leverage yang lebih besar, dengan saldo rekening kecil. Menjaga ukuran lot yang lebih kecil akan memungkinkan Anda untuk tetap fleksibel dan mengelola perdagangan anda dengan logika bukan emosi.

Meskipun dengan menggunakan leverage kecil adalah hal yang baik, tidak akan membantu Anda sekali jika Anda membuka posisi terlalu banyak. Dengan membatasi open posisi Anda maka akan mengurangi risiko Anda dan menjaga Anda berada di permainan untuk jangka panjang.

Kesimpulan
Manajemen risiko adalah tentang menjaga risiko di bawah kendali Anda. Risiko Anda lebih terkontrol, semakin fleksibel Anda dapat bila Anda perlu. Trading Forex adalah tentang kesempatan. Pedagang harus mampu bertindak ketika peluang-peluang tersebut muncul. Dengan membatasi risiko Anda, Anda memastikan bahwa Anda akan dapat terus diperdagangkan saat segala sesuatu tidak berjalan sesuai rencana dan Anda akan selalu siap. Menggunakan manajemen risiko yang benar dapat menjadi perbedaan antara menjadi trader forex profesional atau trader gulung tikar. Maka tidak salah dong, kalau saya ungkapkan bahwa ini antara hidup dan mati account Anda. So,.... ini sangat penting buat Anda!

Klik disini untuk mempelajari lebih lanjut!

1 komentar:

  1. Manajemen resiko yang benar akan memberiakn manfaat tersendiri untuk trader dan saya yakin bahwa setiap trader mempunyai manajemen resiko yang bisa dipertanggungjawabkan. kalau saya menggunakan sistem manajemen resiko dengan tidak lebih membiarkan kerugian diatas 10 pip setiap OP yang saya lakukan di broker octafx yang memberikan saya manfaat dengan bonus deposit sebesar 50%

    BalasHapus