Rabu, 24 Agustus 2011

SABAR DALAM TRADING

Kata para master termasuk yg punya blog ini, salah aturan trading yg mesti kita perhatikan adlah SABAR. Apalgi saat ini bulan ramadhan, bulan yg salah satu hikmahnya adalah untuk malatih sifat sabar buat menghadapi sebelas bulan berikutnya. Maka sudah seharusnya kita para trader jg mengoptimalkan profit kita dengan kesabaran..he..he...nah untuk itulah saya menulis tema sabar kali ini... Ada 4 sabar yg setidaknya mesti kita latih di bulan suci ini agar bisa berlebaran dengan senyuman merekah lebar, senyum profit tentunya..he..he..

Sabar menanti profit
Rasanya ini lah sabar yg tidak kalah susahnya dilakukan sebagian dari kita, termasuk sy. Ada saatnya kita buru2 close posisi eh ternyata harga bergerak lebih jauh sesuai dengan prediksi yg kita harapkan..dan profit yg lebih besar pun pergi…tapi itu jauh lebih baik dibandingkan berharap mendapat pips lebih banyak lagi tapi harga justru bergerak berlawanan…yah floating minus lagi deh….hayo siapa yg pernah begitu..ngaku aja deh…

Sabar “menunda” profit
Kalo sabar menanti profit mungkin masih bisa, tapi sabar menunuda profit…wah aneh rasanya masak ada orang yg mau ditunda profitnya…ditunda gajinya…he..he….
Ada dua aturaan yg sangat efektif mencegah kita untuk bersifat greedy yaitu “lebih baik tidak profit daripada loss” dan “tidak semua pergerakan harga harus menghasilkan profit buat kita” ( ini saya kutip dari buku luar biasa berjudul “berburu dollar”, hayo…udah punya belum?…). Ini aturan emas yg akan efektif mencegah kita dari sikap serakah yg tentunya berujung loss. Setidaknya inilah persepsi saya akan 2 aturan tersebut. Saya tidak mengatakan kita tidak boleh profit lebih banyak lagi akan tetapi yg saya maksud dari “menunda profit” adalah jika memang target telah tercapai ya sudah isitirahat dulu bro...jangan memaksa diri untuk masuk pasar lagi. Jika memang masih ingin masuk pasar lagi, pastikan bahwa semua rule trading kita telah terpenuhi dan pasar memang telah “siap” menyajikan pundi2 dollar lagi buat akun trading kita.

Sabar saat harus cut loss
Sudahlah, klo memang harga sudah jelas2 berbalik badan dari posisi yg kita ambil kenapa mesti keukeh mempertahan yg ada. Apalgi trade dengan memasang lot yang lebih besar. Berharap untung eh malah floting kian besar..tenang sobat, hari esok masih ada kok..pasar tetap terbuka buat siapapun yg ingin trade..tidak terkecuali buat anda yg memilih dengan sabar untuk cut loss.

Sabar saat dikunjungi oleh Mr. MC
Nah ini sabar adalah pilihan yg mesti kita ambil. Tidak ada pilihan lain selain bersabar dengan kenyataan bahwa kita telah dikunjungi oleh Mr. Margi Call..sosok yg sangat tidak kita harapkan..mo marah ma broker? Mo banting laptop kita? Silahkan saj..yg jelas meskipun kita mengancam bunuh diri di depan kantor borker, tetap saj kenyataan akan MC itu ada.

Untuk itu kita harus punya keyakinan bahwa pertemuan kita dengan Mr. MC harus--ya saya katakan harus-- memberikan pelajaran terhadap diri kita, baik sistem trading kita maupun psikologi kita…tp bukan pelajaran bahwa kapok trading forex lho… Jika kita jg tidak mencari tahu penyebab MC, maka sungguh kita sudah rugi dengan sebenar2nya rugi…waduh kayak ceramah ustadz aj…

mungkin itu dulu sharing ide saya di blog yg kita cintai ini…jangan geer kang Sigit.. nah tinggal pertanyaannya : sudahkah kita belajar sabar?

Salam profit
Arief adhiksana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar