Selasa, 15 Februari 2011

BELAJAR DARI KESALAHAN TRADING

Tulisan saya di KFC .... saya share kesini juga ah...!

............
By: Ninja Trader


Saya sungguh betah kalau sudah gabung bersama kawan-kawan di KFC, makanya pekerjaan saya (makan, mandi, main) sering terbengkelai gara-gara terlalu asyik chat di forum ini hihihihi….

Betapa kawan-kawan saling terbuka membuka kesalahan (dalam trading) masing-masing, bahkan banyak bertanya, tetapi alhamdulillah kita ini newbie-newbie yang berfikir dewasa, jadi disadari banyak bertanya itu bukan identik dengan unjuk pamer kebodohan, sementara Cek Gu-Cek Gu juga banyak menjelaskan ilmunya, menunjukkan profitnya, itupun tidak identik pamer keunggulan. Saya ini seorang penulis asal-asalan, Nah,…kalau yang satu ini, agak beda; asal bagus, asal lucu, asal asyik dibaca, asal ada manfaatnya... dan asal banyak titik-titiknya. Lha wong ini yang disukai Cek Gu… ya saya berusaha sebaik mungkin, asal sesuai kemampuan saya…

“Asal apa lagi Ninja?” Tanya Kepala Sekolah tiba-tiba.

“Asal kawan-kawan mau membaca…. Asal kawan-kawan juga mau berbagi pengalaman!” jawabku sekenanya.

“Saya gak bisa menulis dengan baik?” jawab salah seorang di forum.

“Lho, emang kita sedang telewicara? Sampean dan kita-kita kan lagi menulis, chating…. Menulis ‘kwkwkkwkwkwa…hahahahaha’ (tertawa) padahal mulut kita juga masih menutup rapat… Ayo menulis pengalaman ataupun kesalahan-kesalahan sampean dalam trading, sekarang!” jawabku enteng….

“Kesalahanku tidak disiplin, serakah, tidak sabar…” jawab seorang (yang tidak mau disebut namanya) wkwkwkwkwkw…

“Wah itu lagu lama….! Mungkin jamannya Betaria Sonata itu Bro!”

“Boleh pengalaman pribadi, Ninja?” tanyanya lagi.

“Silahkan, yang lain membaca!”

“Bla bla bla bla bla…..” Beberapa kawan bersahutan menulis kesalahan-kesalahan tradingnya, sementara mereka sibuk, saya bikin kopi… hmmmm….harum baunya.

Kemudian saya melanjutkan tulisan saya….

“Lantas, mengapa membaca? Karena dengan membaca tulisan-tulisan yang bermuara dari pengalaman pribadi, kita bisa mempelajari kesalahan-kesalahan dan kegagalan-kegagalan dalam trading sehingga kita tidak perlu mengulanginya. Jelasnya, dengan membaca kita diberi kesempatan untuk test drive dengan simulator secara Cuma-Cuma, tanpa perlu mengalami kepahitan hidup seperti yang mereka alami. Cukup dengan hati terbuka dan pikiran yang siap menerimanya, kita mestinya sudah bisa belajar dari kesalahan orang lain.”

“Apakah cukup dengan membaca, Cek Gu?” Tanya salah seorang yang lain lagi.

“Ha ha..! Karena pertanyaan Anda menyebut Cek Gu, saya persilahkan Kepala Sekolah untuk menjawabnya. Ingat, saya hanyalah seorang penulis. Biarkan saya bagian yang menulis apa yang beliau katakan. Gampang kan?”

“Asem, nasib newbie ketemu Ninja, wah…!?” Kepala Sekolah berucap sambil geleng-geleng kepala.

“Iya, bagaimana tuh Cek Gu?” wajah mereka semua menatap Kepala Sekolah yang mengharuskan Kepala Sekolah bangkit dari tempat duduknya. (saya kira mau nge-dance malah.. hihihihihii..)

“Tidak!” kata kepala Sekolah dengan yakin. “Setiap indera kita bekerja, kita sedang belajar dari Universitas kehidupan. Saya dan Anda, kita semua dalam setiap detik mengalami pembelajaran baik secara sadar maupun tidak sadar. Apa yang kita lihat, dengar dan rasakan adalah materi pembelajaran. Bagaimana kita memulung dan menggunakan pulungan itulah yang menjadi bekal hidup di masa kini dan masa yang akan datang. Kalau kita belajar dari kesalahan-kesalahan trading sebagai profesi kita, artinya kita belajar bagaimana memperbaiki profit kita. Maka dalam trading itu ada yang namanya kebutuhan mengevaluasi diri. Apakah Anda melaksanakannya?”

“Nah, itu kesalahan saya..karena tidak pernah mengevaluasi trading saya!”

“Iya, itu Cek Gu….saya sering mengulang-ulang kesalahan… Saya memahami bahwa setelah saya loss, saya harus istirahat, eh koq ya malah dendam masuk market lagi!"

"Kalau kesalahan saya, saya kurang suka membaca Cek Gu! Jadi belajar itu males rasanya."

“Bla bla bla bla…!”

Murid-murid rame mengakui kesalahannya…. Termasuk saya. Apa yang saya tulis? Mau tahu? Lha itu tuh…yang bla bla bla bla….! Wkwkwkwkwkwka…..!

Kabuuuuuuur!!!!!!!!!.........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar