Kamis, 20 Mei 2010

INTERVIEW dengan Mr FOREX (jilid 2)

Optimiskah dengan Trading Forex?
Kita ingin menghasilkan uang dari perdagangan forex, tetapi kita terlanjur percaya bahwa lebih dari 90% trader tidak menjadi orang sukses. Sehingga image ini bagi sebagian orang mengecilkan nyali untuk menekuni ataupun terjun dalam bisnis forex. Diantara mereka ada yang antipati terhadap bisnis forex dan ingin menghindar sejauh-jauhnya dari hal-hal yang berkaitan dengannya. Tentu hal ini tidak bisa disalahkan, karena ada sekelompok trader yang cenderung “kalah” kemudian membuat pernyataan-pernyatan pesimis tentang forex. Sebenarnya mereka memiliki keterampilan yang cukup, memiliki pengalaman trading, tetapi satu-satunya yang tidak dimiliki adalah keyakinan sebenarnya bahwa mereka dapat belajar lagi dan mendapatkan sukses mereka.

Saya telah banyak belajar dari Mr. Forex. Meski dalam pandangan saya dia sebagai sosok misterius, tetapi saya tidak perduli. Apapun yang dia katakan, tetap menjadi sebuah “ilmu” dan saya pantas untuk mengukirnya pada lembaran-lembaran kertas ini. “Yang kita butuhkan dalam trading forex adalah optimisme yang memungkinkan dapat menghilangkan salah satu mitos terbesar tentang Forex Trading ini,” begitu kata Mr. Forex suatu saat.

Salah satu alasan mengapa Mr. Forex mengatakan demikian adalah jika boleh saya analogikan dengan sebuah permainan kartu; semua pemain kartu yang hebat sekalipun, mereka semua akan memiliki satu karakter umum, memiliki potensi menang dan kalah. Mereka juga menyadari bahwa mereka tidak bisa menang setiap permainan dan sebagai trader kita juga tidak bisa selalu profit dalam setiap transaksinya. Jika kita memahami hal ini kita meningkatkan peluang kita untuk sukses sebagai trader. Saya ambilkan contoh ini bukan berarti bahwa trading forex itu seperti permainan kartu. Forex adalah ilmu yang Complicated. Di dalam bisnis ini kita harus menyadari bahwa ada hari yang lain untuk masuk perdagangan lagi. Jadi jika kita kehilangan dalam satu perdagangan, kita masih memiliki perdagangan demi perdagangan di hari yang lain.

Obat
Seorang newbie tidak perlu khawatir adanya fenomena 90 % trader akan kehilangan uang di forex, pun tidak perlu khawatir karena tidak memiliki pendidikan yang tinggi atau tidak memiliki pengetahuan matematika dan tidak menguasai bahasa Inggris. Untuk menikmati sukses trading forex pun tidak perlu memiliki strategi trading forex kompleks. Trading forex bisa dibuat sederhana. Jika Anda mendapatkan sebuah sistem yang rumit Anda bisa meninggalkannya dan beralih kepada sistem yang sederhana. Anda harus memahami sebuah karakter bahwa sebagai manusia kadang mereka suka mempersulit sesuatu dan saya percaya bahwa mereka adalah orang rumit, maka kita sedikit lebih cerdas karena kesederhanaan membuat kita merasa lebih baik. Meskipun hal-hal sederhana tetapi kalau ternyata dengan begitu akan membuat kita memiliki banyak uang, why not. Hal ini dapat juga kita masukkan kepada strategi perdagangan; strategi yang sederhana.

Saya berkesimpulan demikian, karena saya pernah mendengar Mr. Forex berkata, “Begitu saja koq dibikin repot!”

Saya diam saja kalau Mr. Forex sudah mulai “on” seperti itu. Kemudian dia melanjutkan, “Pasar tidak bergerak untuk kepastian, Anda hanya melakukan perdagangan dengan peluang dan probabilitas yang dibantu dengan analisa technikal dan fundamental.”

“Apa yang mesti harus diperbuat, Mr?” tanya saya tidak bisa menahan pertanyaan kalau Mr. Forex sudah membuat pernyataan-pernyataan yang memerlukan penjelasan lebih lanjut.

“Hmm… Jika Anda newbie yang tidak mengerti harus melakukan sesuatu yang benar dalam trading, saya memiliki ramuan obat untuk dioleskan dalam pikiran Anda. Ramuan obat ini namanya RAPRO. Silahkan dicoba!” kata Mr. Forex sambil menunjukkan kepada saya sebuah tulisan “RAPRO” pada sebuah kertas.

“Apa ini, Bang. Eh, Mr… !

“RAPRO itu Rahasia Profit, obat yang sangat manjur agar para newbie di forex bisa profit,” kata Mr. Forex menjelaskan lebih lanjut dan seperti biasa kedengaran aneh.

“Mana obanya, Mr? tanya saya masih tidak mengerti.

“Obat ini dioleskan di pikiran, jadi Anda hanya perlu mendengarkan, membaca, mencamkan dan mempraktekkan, karena kalau Anda makan nanti hanya jadi kotoran dan tidak manjur lagi, Kang!”

“Ya ya ya…! Silahkan dioleskan pada pikiran saya, Mr! Saya siap menerima RAPRO di otak saya,” kata saya sambil mempersiapkan diri dengan mata terpejam.

“Hei, mata jangan terpejam, karena Anda disamping harus mendengar juga perlu membaca!” Mr Forex benar-benar membuka kedua mata saya. Kemudian dia melanjutkan, “Anda newbie yang masih loss, loss dan loss lagi. Maka pada diri Anda terdapat penyakit dan hanya bisa disembuhkan dengan obat berikut ini:

1. Melihat peluang
Anda harus menunggu dan hanya bermain ketika peluang yang menguntungkan datang. Dalam trading forex Anda tidak mendapatkan imbalan untuk seberapa sering Anda masuk perdagangan, tetapi Anda akan mendapatkan imbalan untuk yang Anda lakukan secara benar. Manfaatkan account demo untuk belajar pada tahap ini.

2. Kemampuan untuk kontrol diri
Kebanyakan trader Forex khususnya newbie, sering tidak bisa kontrol diri dalam menjalankan tradingnya. Begitu dalam kerugian atau floating, emosi mereka segera mempengaruhi tradingnya; mereka segera melakukan open posisi baru dengan harapan menutup kerugian. Tetapi yang terjadi adalah menambah floating dan berakhir cut loss posisi rugi yang lebih banyak lagi.

Barangkali kalau Anda masih berada pada acoount demo, Anda tidak bisa belajar kontrol diri ini. Anda dalam mengelola trading tidak pernah bisa serius, karena Anda tidak pernah kehilangan uang sepeserpun dengan account ini. Maka saran saya adalah Anda sebaiknya menggunakan account micro untuk melatih kemampuan ini. Anda bisa awali dengan modal $5 sampai $10. Dengan modal yang sedikit tetapi Anda bisa belajar banyak bagian penting dari trading forex ini.

3. Keberanian di waktu yang tepat mengambil posisi
Seorang trader harus memaksimalkan potensi dirinya. Dari hasil pengalaman belajar dan berlatih dengan demo account yang menggunakn indikator kepercayannya, seharusnya dia bisa menganalisa secara technikal; bagaimana posisi indikator saat harga akan bergerak turun ataupun naik. Begitu berulang-ulang analisa kita tepat dan menghasilkan profit, maka Anda harus berani dalam jumlah volume lebih besar untuk transaksi real dan jemput profit Anda.

Jika Anda dengan account demo ternyata Anda tidak bisa serius belajar, saya sarankan Anda memanfaatkan account real pada micro. Anda harus memiliki keberanian untuk belajar secara serius, meski Anda harus “mengorbankan” dana $10 untuk deposit.

Bagian yang terpenting lainnya menjadi trader forex adalah memiliki kepastian mengambil posisi yang benar. Dalam trading, Anda bisa mengambil posisi yang menurut Anda adalah tepat. Sesuaikan dengan analisis forex, kemudian pikiran kita jalankan: “jika harga justru berbalik sekian point dari batas, berarti saya salah ambil posisi dan saya akan cut loss.” Ini ada hubungannya dengan indikator yang anda pasang. Indikator yang bisa saya katakan sebagai batas. Misalkan, dalam hal ini Anda menggunakan batas resistance, support, garis pivot dan standard deviation. Dengan trading seperti ini Anda akan mengalami kerugian yang sedikit dan tidak mengalami floating yang berkepanjangan. Anda bisa mencobanya pada account demo atau account micro Anda. Berkreatiflah untuk menterjemahkan “sekian dari batas”. Namun kalau Anda masih lebih sering meng-cut loss trading Anda, dan pada akhir minggu hasilnya loss berarti ada kesalahan analisa dalam Anda entri posisi. Anda harus kembali belajar menganalisa saat-saat entry posisi dan buang jauh-jauh hasrat untuk trading real sementara waktu, sampai Anda menguasai pasar.

Untuk menguasai pasar, Anda dapat melakukan test kemampuan analisa, setidaknya ambil sample dalam satu hari Anda melakukan sebanyak 5 kali transaksi dan jika closing akhir minggu hasilnya profit, maka berarti Anda sudah memiliki kemampuan menganalisa pergerakan pasar dan siap trading pada account real .

4. Disiplin
Bagi seorang newbie, kalau Anda ingin berhasil dalam trading forex, maka Anda harus memiliki kedisiplanan dalam menjalankan point-point yang saya sebutkan diatas. Saya perlu menekankan, betapa seriusnya saya dalam hal ini. Mereka selalu menanyakan, ‘Mengapa para newbie kebanyakan sering loss dalam trading awal-awal mereka?’ Satu-satunya jawaban yang saya miliki adalah mereka terlalu terburu-buru

Trader Forex newbie untuk menjadi profesional, harus tahu kunci untuk sukses dan memiliki kesiapan mental untuk melakukan proses ini dan tahu bahwa mereka harus selalu belajar. Oke Kang, sudah beres dan selesai pekerjaan saya.”

Hening…

“Kang, hii..bangun! Malah tidur!”kata Mr. Forex berteriak-teriak di telinga saya, sementara saya tidak bereaksi. Samar-samar saya mendengar dia menggerutu sambil meninggalkan saya. Mr. Forex berkata, “Oalah! Bagaimana para newbie bisa profit di Forex, kalau setelah di kasih obat kemudian tidur. Memang ini obat sakit kepala, apa?!”

Saya masih tidak beranjak dari tempatku bersandar, sementara Mr. Forex sudah pergi entah kemana. “Maafkan saya Mr. Forex, kapan Anda datang lagi?” tanya saya dalam impian yang nyata. Tidak ada jawaban lagi, barangkali tugas Anda sekarang adalah membangunkan saya. Tetapi sudahkah Anda terbangun? Disinilah persoalan Anda baru saja dimulai.

Happy Trading!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar