Senin, 13 Juni 2011

The Secrets to Emotion Free Trading

konsep terpenting yang bisa anda pelajari apabila anda ingin menjadi seorang trader yang sukses. Apabila anda bisa menguasai kecakapan ini, anda bisa menjadi sangat sukses dalam bisnis ini. Tetapi tanpa kecakapan tersebut, anda akan gagal. Semuanya sangat mudah. Apabila anda bisa belajar untuk “bertindak berdasarkan kepentingan utama anda”, anda akan menghasilkan banyak uang dari trading. Apabila anda tidak bisa belajar untuk “bertindak berdasarkan kepentingan utama anda", anda akan kehilangan banyak uang dari trading.
Apabila anda lihat, pasar bekerja dengan cara yang sangat berbeda dengan hampir semua hal dalam hidup. Ada lebih banyak kebebasan dalam bisnis ini dari hampir semua bisnis di dunia. Anda bisa melakukan apa saja yang anda inginkan, kapanpun anda menginginkannya, hampir semua hal bisa anda lakukan apabila pasar sedang terbuka. Hal yang akan menghalangi anda hanyalah apabila anda kehabisan uang. Selain itu, anda memiliki segala kebebasan untuk melakukan apa yang ingin anda lakukan di pasar.

Trading sangatlah berbeda dengan segala hal lain yang kita lakukan dalam hidup. Di dalam kehidupan sehari-hari, anda bisa memiliki kontrol, setidaknya dengan melakukan hal-hal yang mempengaruhi lingkungan. Contohnya, apabila anda ingin mendengarkan musik, anda harus menyalakan radio. Apabila anda menekan tombol power, musik akan terdengar dari radio. Apabila anda tidak menekannya, radio tersebut tidak akan menyala.

Contoh yang lain adalah ketika anda menyalakan mobil anda. Apabila anda memasukkan kunci dan memutarnya, mobil akan menyala karena anda melakukan sesuatu yang menyebab kan terjadinya perubahan. Apabila anda tidak memasukkan kunci, mobil tidak akan menyala. Anda musti mengubah lingkungan (dengan memutar kunci) apabila anda ingin menyalakan mobil.

Setiap hari kita melakukan hal-hal yang menyebabkan perubahan dalam lingkungan. Kita memasukkan kartu ke dalam ATM untuk mengambil uang. Kita menekan tombol di mesin pembuat kopi untuk membuat kopi di pagi hari. Ini adalah hal-hal yang bisa kita lakukan secara sadar. Tetapi disini perbedaannya:

Di dalam trading, anda tidak bisa mengontrol apa yang akan dilakukan pasar. Tidak peduli betapa besar keinginan anda agar pasar bergerak ke arah tertentu, tidak ada yang bisa anda lakukan untuk membuat pasar bergerak ke arah tersebut. Tidak ada pekerjaan yang anda lakukan yang bisa membuat pasar bergerak sesuai keinginan anda. Kita tidak bisa menekan tombol, memutar kunci, tidak ada yang bisa kita lakukan untuk membuat pasar melakukan apa yang kita inginkan. Tidak ada satupun!

“Jadi, jika kita tidak bisa mengontrol pasar dan apa yang akan dilakukannya, hal yang bisa kita lakukan untuk mencapai kesuksesan adalah mengontrol diri kita sendiri”. Hal tersebut lebih mudah untuk dikatakan daripada dilakukan. Tapi itulah kenyataan dari perdagangan yang sukses. Sekali lagi, anda tidak bisa mengontrol apa yang akan dilakukan pasar, jadi anda musti bisa mengontrol apa yang akan anda lakukan.

Saya telah bertemu ratusan trader dan sayangnya, kebanyakan dari mereka mengalami kegagalan dalam trading. Kebanyakan dari mereka tidak pernah belajar tentang kecakapan-kecakapan yang harus dimiliki untuk menjadi sukses. Kebanyakan dari mereka memfokuskan diri untuk menemukan metode teknis atau sistem yang sempurna, dan hanya sedikit yang menyadari bahwa hal tersebut hanyalah sebuah elemen kecil dari keseluruhan sistem yang sesungguhnya.

“Seseorang yang memiliki disiplin diri yang baik dan metode trading yang buruk akan mengalahkan seseorang yang memiliki disiplin diri yang buruk dan metode trading yang terbaik saat itu”.

Kemampuan untuk bertindak sesuai dengan kepentingan utama jauh lebih penting daripada menemukan teknik trading yang sempurna. Seperti yang sering saya katakan, “seseorang yang memiliki disiplin diri yang baik dan metode trading yang buruk akan mengalahkan seseorang yang memiliki disiplin diri yang buruk dan metode trading yang terbaik saat itu”. Hal tersebut akan selalu terjadi.

Seringkali, saya berbicara dengan orang-orang yang mendapatkan keuntungan sangat besar dalam beberapa perdagangan. Sebagai contoh, saya ingat waktu seseorang menelepon saya dan memberi tahu saya dia telah mendapatkan 800 poin di dalam tiga perdagangan S&P (nilainya sekitar USD 6000). Tetapi bahkan dengan keuntungan besar ini, trader tersebut masih kehilangan uang dalam perdagangan. Ketika saya tanya kenapa ia tidak menggunakan stop-order untuk mengunci keuntungannya, dia berkata bahwa dia masih mencari keuntungan yang lebih besar. Saat itu saya tahu bahwa orang ini tidak memiliki kepentingan utamanya dalam pikiran.

Tentu saja, kita semua menginginkan keuntungan yang sangat besar. Tapi satu hal yang musti kita ingat adalah bahwa kita tidak bisa mengontrol apa yang akan dilakukan pasar, jadi kita musti siap menghadapi segala kemungkinan. Jadi apabila seseorang mendapatkan 800 poin dalam perdagangan S&P (bukan merupakan hal yang gampang), “ia harus menetapkan kepentingan utamanya dalam pikiran dan tidak membiarkan keuntungan tersebut hilang begitu saja”, walaupun hal tersebut berarti terlewatnya kesempatan mendapatkan kemenangan yang besar.

Sumber: Larry Levin - The Secrets to Emotion Free Trading.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar